Ketentuan Seleksi Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP)

Sebelum mendaftar, harap perhatikan lembar persetujuan ini

A. WAKTU

  1. Pendaftaran dimulai tanggal 29 Januari s/d 31 Maret 2019 secara online (www.poltekkesjakarta3.ac.id / http://sipenmaru.poltekkesjakarta3.ac.id)
  2. Berkas diterima oleh panitia paling lambat tanggal 31 Maret 2019 (Cap pos)

B. PERSYARATAN ADMINISTRATIF

  1. Tinggi badan Minimal: 155 cm untuk laki-laki, dan 150 cm untuk perempuan (akan diukur kembali pada saat uji kesehatan setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi).
  2. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan buta warna (akan dilakukan uji kesehatan).
  3. Memiliki latar belakang jurusan/kualifikasi pendidikan sbb:


  4. No. JURUSAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN
    1. Keperawatan
    a. Program Studi DIII Keperawatan
    • SMA/MA Jurusan IPA
    • SMK Kesehatan Program Kekhususan (Keperawatan)
    b. Program Studi Pendidikan Profesi Ners
    • SMA/MA Jurusan IPA
    2. Kebidanan
    a. Program Studi DIII Kebidanan
    • SMA/MA Jurusan IPA
    b. Program Studi Pendidikan Profesi Bidan
    • SMA/MA Jurusan IPA
    3. Teknologi Laboratorium Medik (TLM)
    a. Program Studi D III Teknologi Laboratorium Medik
    • SMA/MA Jurusan IPA dan IPS
    • SMK Kesehatan Program Kekhususan (Teknologi Laboratorium Medik)
    b. Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medik
    • SMA/MA Jurusan IPA dan IPS
    • SMK Kesehatan Program Kekhususan (Teknologi Laboratorium Medik)
    4. Fisioterapi
    a. Program Studi Pendidikan Profesi Fisioterapi
    • SMA/MA Jurusan IPA
    • SMK Kesehatan Program Kekhususan (Keperawatan, Teknologi Laboratorium Medik, dan Farmasi)
  5. Tercatat masih aktif sebagai siswa/i aktif pada SMA/MA atau sederajat, memiliki nilai minimal 70 (tujuh puluh) untuk setiap mata ajar dari semester I s/d semester V (B. Inggris, B. Indonesia, Matematika, IPA Terpadu).
  6. Diusulkan oleh Kepala Sekolah (ditandatanganinya formulir pendaftaran oleh kepala sekolah), dengan melampirkan foto copy sertifikat akreditasi sekolah, data siswa, bukti setoran biaya seleksi dan fotocopy Rapor semester I sampai dengan semester V.
  7. Melampirkan Formulir konversi nilai dari sistem penilaian 1.0 – 4.0 ke 0 – 100 bagi sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 yang disahkan oleh kepala sekolah.
  8. Jika ada, melampirkan foto copy sertifikat penghargaan/prestasi dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Olahraga, Seni dan Budaya, serta bukti (sertifikat/Kartu Tanda Anggota) keikutsertaan organisasi calon peserta baik tingkat nasional dan Internasional yang dilegalisir kepala sekolah.
  9. Calon yang mendaftar, membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) melalui nomor virtual account Bank BNI pendaftar.
  10. Pas foto bewarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 2 lembar.
  11. Melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bagi yang sudah berumur 17 tahun dan surat keterangan dari kepala sekolah bagi yang belum berumur 17 tahun

KETENTUAN LAIN
  1. Calon yang mendaftar hanya dapat memilih satu program studi yang diminati yaitu: Prodi DIII Keperawatan, Prodi Profesi NERS, Prodi DIII Kebidanan, Prodi Bidan Program Profesi, Prodi DIII dan DIV Teknologi Laboratorium Medik, dan Prodi Pendidikan Profesi Fisioterapi. Tidak diperkenankan pindah jurusan/Program Studi, baik setelah dinyatakan diterima atau setelah mengikuti proses pembelajaran.
  2. Hasil kelulusan seleksi dibatalkan apabila calon yang bersangkutan tidak lulus dalam Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan Kemendikbud DIKTI.
  3. Seluruh calon yang lulus seleksi administrasi akan dilakukan Uji Kesehatan di RS Pemerintah/Puskesmas yang ditunjuk/ kerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Jakarta III.

C. PENGUMUMAN

Dengan mengklik "SETUJU", pendaftar memastikan terpenuhinya syarat tersebut dan apabila persyaratan tidak terpenuhi sewaktu melaksanakan verifikasi, secara langsung pendaftar akan GUGUR dan tidak ada pengembalian uang pendaftaran.